Mendalami Arsitektur Router by Himawan

MORE >>>

Cara Menjadi Profesional IT di Luar Negri


Banyak orang yang bermimpi dan bercita-cita untuk bekerja di luar negri. Pendapatan yang relatif lebih besar, mendapat pengalaman dan ceritaa pengalaman yang didapat bisa menjadi masukan bagi ki unik, membuka wawasan, maupun taraf hidup yang lebih baik merupakan beberapa alasan mengapa orang-orang tertarik untuk merantau jauh meninggalkan kehidupan nyaman di Indonesia. Tidak ada yang salah untuk bercita-cita tinggal di luar negri, karenta dalam membangun negara. Selain menjadi duta bangsa yang memperkenalkan tradisi dan kebudayaan Indonesia di luar sana, pendapatan yang umumnya diinvestasikan di negri sendiri merupakan tambahan devisa yang ikut menggerakkan roda perekonomian.
Sebenarnya dengan jaman yang sudah global seperti sekarang bekerja di luar negri bukanlah hal yang sulit untuk dicapai. Dengan adanya Internet batas fisik dan komunikasi antar negara sudah bisa dijembatani dengan baik. Kita yang sebelumnya hanya bisa melihat negara-negara lain dari televisi sekarang bisa berkomunikasi langsung dengan orang-orang di belahan bumi manapun dengan mudah dan biaya yang murah jika menggunakan fasilitas Internet seperti email, chat, maupun telepon berbasis IP (voice over IP - VOIP). Ini tentunya memudahkan bagi para calon pekerja yang ingin berhubungan dengan perusahaan di negara lain yang ingin dimasuki. Informasi tentang lowongan kerja di seluruh dunia selalu tersedia dan dapat diakses dari mana saja. Resume calon pekerja pun dapat dipublikasikan dengan cepat ke berbagai perusahaan yang sedang membuka lowongan.
Salah satu bidang pekerjaan di luar negri yang bisa dimasuki oleh orang-orang Indonesia adalah bidang Teknologi Informasi. Hal ini disebabkan karena kebutuhan akan pekerja IT di seluruh dunia yang masih sangat banyak. Selain itu skill yang diperlukan pun bersifat universal, jika kita menguasai sistem IT di negara sendiri maka kemungkinan kita mampu melakukannya di negara lain. Kemampuan orang Indonesia di bidang inipun sangat baik dan mampu bersaing dengan pekerja-pekerja dari negara lain. Banyaknya program sertifikasi dari vendor-vendor IT semakin memudahkan dalam berkompetisi, karena skill dan kemampuan kita sekarang bisa diukur oleh suatu program ujian internasional dan sertifikasinya diakui di seluruh dunia.
Berdasarkan pengalaman pribadi penulis selama bekerja bertahun-tahun di luar Indonesia sebagai tenaga profesional IT, penulis ingin membagikan 10 hal yang harus diperhatikan oleh mereka yang ingin bekerja di luar negri. Walaupun ada beberapa poin yang spesifik membahas tentang IT, poin-poin lainnya merupakan hal umum yang bisa diterapkan untuk bidang pekerjaan lainnya.
1. Berbahasa Asing Dengan Optimal
Bahasa adalah penghubung dengan dunia. Untuk menjadi tenaga profesional di luar negri minimal kita harus menguasai bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan. Bahasa sebenarnya bisa dipelajari dengan cepat jika dipergunakan secara terus-menerus. Jadi sering-seringlah menulis dan berlatih berbicara dalam bahasa Inggris untuk melancarkannya. Dan banyak orang berpikiran bahwa kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki haruslah fasih, menggunakan grammar yang benar, serta pronounciation atau pengucapan harus sempurna sebelum bisa bekerja di luar negri. Penulis sering bertemu dengan orang-orang dari negara Cina yang bahasa Inggrisnya jauh dari sempurna tapi bisa bekerja keliling dunia. Atau orang Eropa seperti dari Prancis yang pengucapannya sulit dimengerti karena terbiasa dengan pengucapan dalam bahasa Prancis, tapi bisa presentasi di depan banyak orang dari berbagai negara. Yang paling penting itu sebenarnya adalah kita bisa berkomunikasi dengan lancar dan lawan bicara bisa mengerti ide yang ingin kita sampaikan
2. Skill Yang Kompetitif
Sangat penting untuk memiliki skill yang sebenarnya, yang dibutuhkan di belahan dunia manapun. Carilah skill yang kita sukai dan pelajarilah secara mendalam sampai kita mencapai level yang membuat kita kompetitif. Jika skill yang kita punya masih tidak bisa bersaing di negri sendiri, bagaimana kita bisa berharap untuk bisa bersaing di negara orang? Orang Indonesia itu biasanya memiliki skill yang bertolak belakang dengan orang dari negara lain yang lebih maju. Biasanya kita mampu untuk mengerjakan berbagai bidang yang berbeda-beda, tapi tidak memiliki suatu spesialisasi apapun. Berbeda dengan orang asing yang biasanya memiliki spesialisasi dan sangat ahli hanya di satu bidang yang terbatas saja. Hal ini mungkin disebabkan karena kondisi pekerjaan di Indonesia yang mengharuskan para karyawan untuk mampu merangkap beberapa pekerjaan sekaligus. Ini sebenarnya merupakan suatu keuntungan karena membuat kita memiliki beberapa bidang alternatif ketika sedang mencari pekerjaan. Lebih baik lagi jika kita mengerti berbagai bidang namun tetap memiliki satu spesialisasi yang membuat skill kita sangat kompetitif
3. Mengapa Gelar Universitas Tidak Penting
Gelar universitas masih merupakan hal yang penting di Indonesia. Berdasarkan pengalaman penulis, gelar ini tidak terlalu penting untuk menjadi profesional IT di luar negri. Hal itu dikarenakan karena standar pendidikan dan nama universitas kita tidak terlalu dikenal di luar sana. Umumnya perusahaan lebih melihat ke pengalaman nyata, skill yang dimiliki, sertifikasi profesional dan juga kemampuan lain yang dibutuhkan oleh perusahaan seperti kemampuan komunikasi, presentasi, mampu bekerja dalam team dan hal lainnya, yang bisa dilihat ketika calon pekerja melalui proses interview. Mungkin salah satu kegunaan gelar universitas seperti sarjana maupun diploma untuk kerja di luar negri hanyalah ketika pengurusan visa kerja. Ini bukan berarti penulis menyarankan supaya tidak perlu kuliah dan menjadi sarjana! Tapi hanya ingin menekankan bahwa semua orang, baik yang sarjana atau tidak, ataupun yang kuliah di universitas negri terkenal atau hanya di sekolah kejuruan di daerah, memiliki peluang yang sama untuk bisa menjadi tenaga profesional IT di luar negri asal mau membuat rencana dan bekerja keras untuk meraihnya
4. Sertifikasi Profesional Bertaraf Internasional
Berbagai vendor IT seperti Cisco Systems membuat program sertifikasi profesional dengan tujuan untuk memudahkan orang-orang dalam mempelajari produk mereka, yang sekaligus merupakan cara agar produk atau solusi mereka semakin dikenal. Berbeda dengan gelas universitas yang lebih dilihat hanya di dalam negri, sertifikasi dari vendor IT merupakan tolak ukur kemampuan seseorang dalam menguasai produk atau teknologi tertentu, dan sertifikasi ini diakui di seluruh dunia. Umumnya setiap program sertifikasi memiliki kurikulum dan beberapa tingkatan level sesuai dengan tingkat kesulitan dan kemampuan yang diujikan. Ujian untuk mendapat sertifikasi biasanya berupa ujian secara online di tempat-tempat yang sudah ditunjuk, sampai ke ujian lab bahkan presentasi dan interview untuk level yang paling tinggi. Memiliki sertifikasi profesional merupakan pembuktian akan kemampuan seseorang, dan tidak penting dari negara mana orang itu berasal, atau punya gelar sarjana atau tidak, atau yang lainnya. Jika mampu lulus ujian dari suatu program sertifikasi ini berarti orang tersebut sudah mencapai level kemampuan sesuai dengan materi yang diujikan, yang diakui di taraf internasional
5. Pengalaman dan Reputasi
Memiliki sertifikasi yang diakui secara internasional memang penting, tapi lebih penting lagi untuk memiliki kemampuan dan pengalaman yang sebenarnya. Pengalaman mengubah pola pikir dan cara pandang. Orang yang sudah berpengalaman akan terlihat dari caranya mendiskusikan sesuatu yang dia tahu persis, karena sudah pernah melakukannya sendiri. Sedapat mungkin kita harus memiliki pengalaman yang intensif dan yang bervariasi. Seseorang baru bisa dikatakan ahli dalam membangun sistem IT jika dia sudah pernah melakukannya sendiri selama bertahun-tahun dan untuk tipe industri customer yang berbeda-beda. Seorang konsultan yang baik adalah orang yang sudah pernah melakukan hal-hal yang detil secara langsung, sehingga ketika membuat suatu perencanaan pengalaman yang dimilikinya bisa menjadi masukan yang berharga. Memiliki reputasi kerja yang bagus pun penting karena bisa memperluas kontak dan referensi yang bisa bermanfaat suatu saat nanti. Selalulah menjaga hubungan baik dengan orang lain yang terlibat atau bersama-sama melakukan suatu pekerjaan dengan kita, karena suatu ketika nanti mungkin kita harus bekerja sama lagi dengan mereka. Perusahaan di luar negri biasanya lebih menyukai calon pekerja yang sudah pernah bekerja di luar negri, atau setidaknya pernah bekerja di perusahaan multi nasional di Indonesia, karena ini berarti orang tersebut sudah terbiasa dengan suasana bekerja dengan orang-orang yang berasal dari negara dan kebudayaan yang berbeda. Oleh karena itu jangan terlalu memilih atau mengharapkan gaji yang terlalu besar untuk pekerjaan pertama di luar negri. Anggap saja pekerjaan pertama yang kita dapat itu hanya untuk mencari pengalaman, memperbagus profil, dan merupakan suatu investasi buat masa depan. Gaji akan semakin berkembang sesuai dengan pengalaman yang dimiliki karena untuk perusahaan berikutnya kita sudah memiliki posisi tawar yang lebih tinggi dari sebelumnya ketika kita belum mempunyai banyak pengalaman
6. Membangun Avatar
Definisi penulis tentang avatar adalah profil atau citra diri yang kita bangun dengan tujuan untuk memasarkan diri. Avatar kita harus bisa meyakinkan orang tentang kemampuan yang kita miliki. Di dunia kerja profesional bukan diri kita yang sebenarnya yang penting, tapi apa yang orang percaya bisa kita lakukan. Sebagai contoh, seorang pembicara publik yang terbaik barangkali adalah seorang pemalu di kehidupan sehari-hari. Dia bisa memberi pidato terbaik di depan orang ramai karena dia berlatih keras setiap hari dan membuat semua orang percaya dengan apa yang dia katakan. Kita harus membangun avatar supaya orang yakin dan mau mempekerjakan kita, terlepas dari hal-hal lain yang tidak berhubungan seperti paspor negara mana yang kita miliki atau postur tubuh atau kepercayaan yang kita anut dan sebagainya. Jika profil kita menunjukkan berbagai kelebihan yang diperlukan oleh perusahaan pada umumnya maka kemungkinan untuk mendapat pekerjaan akan jauh lebih besar. Memiliki bayangan tentang avatar ideal yang ingin dicapai bisa juga menjadi target untuk dikejar. Kita bisa membuat target tentang profil yang ingin kita capai, yang kita tahu merupakan kebutuhan umum dari perusahaan yang bergerak di industri yang ingin kita masuki, dan kemudian membuat rencana dan berusaha untuk meraihnya
7. Resume yang Menjual
Resume adalah ringkasan singkat tentang diri kita yang merupakan alat utama dalam memasarkan diri. Resume bisa dikatakan sebagai hal pertama yang dilihat perusahaan ketika meneliti diri kita. Oleh karena itu buatlah resume yang menjual. Biasanya resume yang bagus itu tidak terlalu panjang, langsung ke poin utama, menunjukkan kemampuan dan avatar kita, memberi tahu target apa yang ingin kita capai dengan bergabung ke perusahaan tersebut dan apa yang kita tawarkan ke perusahaan, mencantumkan ringkasan pengalaman, prestasi di pekerjaan yang pernah diraih, sertifikasi yang dimiliki, training serta pendidikan yang berhubungan beserta referensi pendukung. Tidak perlu menuliskan hal-hal yang tidak perlu seperti: biodata lengkap seperti tempat tanggal lahir, alamat, agama, foto, status berkeluarga dan lainnya (informasi pribadi cukup nama, email, dan nomor telepon), hobby ataupun pengalaman yang tidak berhubungan dengan pekerjaan. Semakin sedikit informasi pribadi di resume tapi memiliki daya tarik akan menyebabkan perusahaan yang berminat untuk mencoba mencari tahu lebih banyak dan menghubungi kita. Ini berarti kita sudah berhasil membuka komunikasi dan memulai proses pertama dari penyeleksian! Dan pasanglah resume kita di berbagai tempat informasi pekerjaan seperti Monster, Jobsdb, dan juga di jejaring sosial di Internet. Pastikan resume kita mengandung kata-kata kunci yang bisa ditemukan oleh mesin pencari dengan mudah
8. Memperluas Kontak
Penulis percaya bahwa salah satu pendukung utama dalam mendapat pekerjaan adalah kontak (who you know). Bisa jadi kontak kitalah yang memperkenalkan kita ke perusahaan atau menjadi referensi ketika perusahaan melakukan proses verifikasi tentang diri kita. Perluaslah kontak dengan mengikuti mailing list para profesional IT di luar negri, dan juga manfaatkan jejaring sosial di Internet seperti LinkedIn. Mailing list seperti indocisco berisi ribuan profesional jaringan komputer, baik yang berdomisili di dalam maupun luar negri. Teman-teman Indonesia yang sekarang tinggal di Silicon Valley, California, USA membentuk mailing list indo-svjobs yang berisi informasi tentang lowongan kerja di sana, visa kerja, biaya hidup dan informasi bermanfaat lainnya. Parakontel adalah mailing list yang berisikan para profesional di bidang telekomunikasi yang banyak bekerja di seluruh penjuru dunia. Setiap kali bekerja dengan orang lain selalulah menjaga hubungan baik karena orang tersebut barangkali akan menjadi kontak kita di masa depan. Jejaring sosial profesional seperti LinkedIn mempermudah untuk menemukan orang-orang lain yang berprofesi sama dengan kita, dan kita juga bisa memperluas kontak dengan para rekruiter dari perusahaan sehingga profil kita bisa dilihat dan ditemukan dengan mudah oleh mereka ketika sedang mencari calon pekerja
9. Interview Like a Pro
Judul poin ini sengaja ditulis dalam bahasa Inggris untuk mengingatkan bahwa jika ingin bekerja di luar negri setiap calon pekerja harus bersiap-siap menghadapi proses interview yang dilakukan dalam bahasa asing! Sebenarnya ini tidak terlalu sulit karena pertanyaan interview umumnya tidak terlalu berbeda, dan kita bisa berlatih tanya jawab dalam bahasa Inggris untuk melancarkannya. Seperti sudah disebutkan di poin pertama di atas, bahasa akan menjadi lancar jika sering digunakan. Jangan terlalu memikirkan grammar atau pronounciation ketika sedang berbicara, yang terpenting adalah kita bisa berkomunikasi untuk menyampaikan ide kita secara lancar. Apalagi untuk pekerjaan di luar negri umumnya interview di tahap awal dilakukan melalui telepon, maka ketidaklancaran kita dalam menjawab karena terlalu berhati-hati dalam berbahasa Inggris bisa menimbulkan persepsi yang berbeda. Penulis sering mendapat masukan dari rekruiter di luar negri yang menyatakan bahwa orang Indonesia yang penulis rekomendasikan tidak mampu berkomunikasi dengan baik. Padahal kenyataannya orang tersebut sangat pintar ketika melakukan presentasi di Indonesia, dan kesan tersebut didapat hanya karena kekurang lancaran dia dalam menjawab pertanyaan melalui telepon dalam bahasa Inggris. Selalulah melakukan riset kecil untuk mencari tahu tentang perusahaan yang ingin dimasuki. Selain bisa menjadi salah satu bahan diskusi selama interview ini juga merupakan salah satu bukti bahwa kita benar-benar tertarik untuk bekerja di sana
10. Menjadi Kontraktor
Di Indonesia menjadi pegawai tidak tetap barangkali nerupakan hal yang kurang populer dan memiliki konotasi yang kurang baik dibandingkan menjadi pekerja tetap. Namun di luar negri ini adalah hal yang umum karena banyaknya perusahaan yang melakukan outsourcing - memberikan bagian pekerjaan tertentu ke perusahaan lain atau pekerja kontraktor - untuk mengurangi jumlah pegawai tetap yang mengerjakan pekerjaan tersebut. Suatu perusahaan yang bergerak di bidang non-IT, misalnya, sering mempekerjakan kontraktor untuk mengurusi sistem IT nya sehingga pegawai tetap perusahaan tersebut bisa fokus mengurusi bisnis utama mereka. Di luar sana tidak ada perbedaan status antara pegawai tetap dan kontraktor. Memang benar bekerja dengan kontrak berarti ada jangka waktu tertentu dalam bekerja di suatu negara, dan selalu ada kemungkinan kontrak tersebut tidak diperpanjang sehingga harus mencari kontrak baru. Namun hal ini biasanya dikompensasi dengan bayaran yang lebih besar dibanding bekerja sebagai pegawai tetap, dan memiliki keuntungan karena si kontraktor bisa memilih dan menentukan secara relatif bebas di kontrak berikutnya dia ingin bekerja untuk siapa dan di negara mana. Umumnya kontraktor ini bekerja di perusahaan pengguna jasa mereka melalui agen-agen internasional yang menjadi penghubung. Bergabunglah dengan komunitas profesional Indonesia yang sudah terbiasa bekerja sebagai kontraktor, seperti Parakontel, untuk mendapat informasi tentang agen mana yang bisa dipercaya, untuk mengetahui kisaran harga jasa kontrak sesuai dengan bidang pekerjaan dan harga di pasaran, sistem pembayaran, visa kerja, biaya hidup di negara tertentu dan informasi lainnya

MORE >>>

Bagaimana hidup sebelum GNS3?


Gue bosan mendengar keluhan orang tentang adanya IOS XR di track CCIE SP yg baru. Dengar ya, IOS XR di ujian CCIE itu bagus. Itu membuat lab menjadi mirip dengan kondisi jaringan SP yg sebenarnya. Mau lulus ujian CCIE SP lab, dan mengaku ‘expert’ di teknologi SP, dgn ujian yg hanya ada Cisco 7200 sebagai model tertinggi untuk P dan PE router?
Banyak orang bertanya ke gue, bagaimana caranya latihan CCIE karena GNS3 tidak men support IOS XR? Pertama, GNS3 itu hanyalah GUI untuk emulator yg sebenarnya dynamips. Gue harap ini bukan kejutan buat kalian   Sering gue bilang, ya memang GNS3 dan dynamips itu bagus karena membuat kita tidak memerlukan router yg sebenarnya untuk latihan CCIE. Tapi ingat, emulator sebagaimana software lainnya bisa memiliki bug. Jadi ketika kita latihan dan menghadapi masalah, kita harus bisa mengidentifikasi apakah masalahnya ada di config kita, atau dari IOS yg digunakan, atau dari emulator. Jika fakta ini sulit untuk diterima, berhentilah menggunakannya. Bahkan berhenti saja dari belajar CCIE dan lakukan hal yg lain. Sbg kandidat CCIE memiliki attitude yg benar itu penting, termasuk kemauan untuk mencari dan menerima informasi spt ini.
Dan seharusnya kalian tahu bahwa emulator itu tidak bisa di take for granted. Chris membuat dynamips sbg proyek pribadi, dan jika kalian tidak bisa berkontribusi maka berhentilah mengeluh tentang mengapa IOS XR tidak di support (buat yg mengerti arsitektur software IOS XR mungkin mengerti tantangan dalam mengemulasi box itu).
Sekarang gue tanya: bagaimana hidup sebelum GNS3?
Banyak CCIE kandidat yg sekarang hanya tahu cara men download paket GNS3, yg didalamnya sudah ada dynamips, terus meng install di komputer. Mereka latihan keras menggunakan itu dan bisa lulus CCIE tanpa pernah melihat router yg sebenarnya. Beberapa bahkan tidak punya pengalaman sama sekali. Jika kamu butuh engineer CCIE buat perusahaan, apakah mau merekrut seorang CCIE yg tidak pernah melihat router dan tidak punya pengalaman sama sekali?
Gue lulus 2 CCIE tanpa menggunakan GNS3 atau emulator. Jika mau tahu bagaimana caranya, silahkan untuk mendengarkan WebEx recording.
Jika kamu bisa lulus CCIE hanya dgn mengandalkan emulator, bagus lah. Tapi jangan take it for granted. Setelah lulus cari pengalaman yg sebenarnya. Jika mau lulus ujian CCIE SP 3.0, belajarlah IOS XR dari mulai CCNA SP dan CCNP SP (akan datang). Bekerjalah untuk perusahaan yg bisa memberi pengalaman dgn CRS atau GSR XR atau ASR9K. Coba liat opsi buat me rental rack. Bentuklah group belajar dan kumpulkan iuran dari tiap anggota yg hasilnya bisa digunakan buat membeli GSR XR. Minta ke perusahaan untuk membeli box XR dgn special rate untuk keperluan training. Ambil pinjaman di bank buat beli ASR terkecil. Gue gak perduli. Poin gue di sini adalah selalu ada cara dan itu yg membuat mengapa CCIE spesial. Itu membedakan antara kandidat CCIE sebenarnya dgn orang-orang yg hanya ingin lulus dgn cara apapun supaya bisa dapat sertifikat dan dapat gaji gede. Uang akan datang pada akhirnya, tapi coba lakukan proses ini secara benar sehingga ketika kamu benar-benar lulus ujian CCIE SP 3.0 suatu hari nanti bisa berkata ‘ya, gue adalah CCIE yg sebenarnya’.
Sekali lagi, banyak CCIEs sebelum kamu yg tidak pernah menggunakan emulator sama sekali. Coba pikirkan.
MORE >>>

Pengertian Pemprograman PHP

PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain.

Contoh terkenal dari aplikasi PHP adalah phpBB dan MediaWiki (software di belakang Wikipedia). PHP juga dapat dilihat sebagai pilihan lain dari ASP.NET/C#/VB.NET Microsoft, ColdFusion Macromedia, JSP/Java Sun Microsystems, dan CGI/Perl. Contoh aplikasi lain yang lebih kompleks berupa CMS yang dibangun menggunakan PHP adalah Mambo, Joomla!, Postnuke, Xaraya, dan lain-lain.
Sejarah PHP
PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web.
Selanjutnya Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI, kependekan dari Hypertext Preprocessing’/Form Interpreter. Dengan perilisan kode sumber ini menjadi open source, maka banyak programmer yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP.
Pada November 1997, dirilis PHP/FI 2.0. Pada rilis ini interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C. Dalam rilis ini disertakan juga modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan.
Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian pada Juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0.
Pada pertengahan tahun 1999, Zend merilis interpreter PHP baru dan rilis tersebut dikenal dengan PHP 4.0. PHP 4.0 adalah versi PHP yang paling banyak dipakai pada awal abad ke-21. Versi ini banyak dipakai disebabkan kemampuannya untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi.
Pada Juni 2004, Zend merilis PHP 5.0. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek.
Kelebihan PHP dari bahasa pemrograman lain
* Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya.
* Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana – mana dari mulai IIS sampai dengan apache, dengan configurasi yang relatif mudah.
* Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis – milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
* Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena referensi yang banyak.
* PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (linux, unix, windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.

Sintak dasar PHP

Seperti telah disebutkan sebelumnya , bahwa parser PHP akan membaca file html sampai ditemukan tag spesial yang memberitahukan untuk menterjemahkan teks berikutnya sebagai code php. Parser php akan menjalankan semua kode yang dibacanya dari tag awal tadi sampai ditemukan tag penutup kembali. Dengan cara inilah maka code script php dapat ditempelkan pada document html(html-embedded). Semua teks yang berada diluar tag awal dan akhir php akan dianggap sebagai teks html biasa dan akan dikirimkan langsung ke browser client untuk ditampilkan.
Ada 4 pasangan tag yang dapat digunakan untuk menyatakan sebuah blok code php. Diantara keempat ini 2 pasangan tag berikut umumnya digunakan dan dimengerti oleh interpreter , yaitu
dan .
Yang lainnya merupakan bentuk tag yang pendek yang kadang juga digunakan untuk menyatakan tag ASP(Active Server pages) , yaitu
<% … %> dan bentuk .
Untuk amannya kita gunakan dua tag pertama saja. Selain itu jika kita ingin menempelkan code php pada document xml atau xhtml maka kita harus menggunakan tag
Statemen
Sebuah statemen merupakan sebuah perintah yang diakhiri dengan tanda titik koma (;) . Tanda tag penutup script php juga dapat sebagai penutup atau menyatakan akhir dari suatu statemen PHP. Contoh :

echo "hanya untuk test"; // statemen ini diakhiri dengan titik koma
echo "sama untuk test saja" /* statemen ini tidak diakhiri dengan titik koma */
?>
Komentar

Komentar merupakan bagian program yang tidak akan dieksekusi. Fungsi dari komentar ini adalah sebagai dokumentasi program atau berupa penjelasan dari program. PHP memberikan banyak pilihan untuk menuliskan komentar. Cara penulisannya merupakan adopsi dari gaya penulisan komentar pada bahasa C, C++ maupun tipe komentar shell pada Unix. Cara berikut dapat anda gunakan , yaitu :

Tipe komentar C/C++

/*
echo "Kalimat ini tidak akan dicetak";
*/
?>
echo "Kalimat ini akan dicetak"; // Bagian ini hanya merupakan komentar
?>

Tipe komentar Unix shell

echo "kalimat ini akan dicetak"; # Ini merupakan komentar tipe Unix shell
?>

Penjelasan Jika tanda /* … */ digunakan maka semua code didalam pasangan tanda ini akan diabaikan . Untuk tanda // maka code setelah tanda ini pada baris yang sama dengan tanda ini akan diabaikan . Sedangkan tanda # kerjanya sama seperti tanda //.

Catatan Anda harus berhati-hati untuk tidak membuat komentar di dalam sebuah komentar (nested comment) karena hal ini dapat menyebabkan kesalahan penerjemahan.
MORE >>>

Teknologi Komputer Terbaru 2010

oloIni lah beberapa Teknologi komputer yang akan dirilis tahun 2010 mendatang, jika dilihat dari bentuk dan kecanggihannya memang teknologi yang akan datang di tabhun 2010 benar – benar sangat fantastis. TriBook dengan tiga konsep layar ultra lebar yaitu 21? lebar layar. Ia juga memiliki sebuah 8x SuperDrive, 1TB harddisk, dan MacBook Pro-calibre CPU, plus sebuah keyboard multitouch trackpad
Teknologi Komputer
Generasi laptop masa depan … dibuat oleh industri desainer Jerman Felix Schmidberger, model classy, elegan, futuristik laptop yang menggunakan OLED touchscreen
Komputer 2010
Barangkali lebih tepat disebut Paper PC karena bentuknya yang seperti lembaran kertas berupa layar sebagai  antar muka dan dilengkapi pena untuk mengoperasikannya dengan cara touch screen. Didesain oleh Avery Holleman
Komputer Canggih
Laptop yang mempunyai dua layar dengan desain mirip buku, saya lebih suka kalau barang itu disebut Digital book. Prototipe dari XO-2 dan One Laptop Per Child (OLPC)
Teknologi Komputer 2010
MORE >>>

Proxy Server Dan Fungsinya

Kata Proxy berasal dari bahasa Latin proximus, yang berarti dekat. Proxy server adalah sebuah server yang membantu kita untuk mempertahankan privasi kita dalam mengakses Internet. Saat kita mengakses Internet menggunakan proxy, web page yang kita kunjungi tidak akan dapat melihat kita. Web page tersebut hanya akan melihat proxy yang kita gunakan saja. Proxy server beroperasi sebagai berikut.

Client tersambung dengan proxy server, dan meminta layanan tertentu seperti file, koneksi, akses web page ataupun lainnya. Proxy server kemudian mengevaluasi permintaan layanan tersebut sesuai dengan aturan filter nya.

Sebagai contoh, proxy server dapat menyaring traffic berdasarkan IP address atau protocol. Jika permintaan tersebut divalidasi oleh filternya, maka proxy akan menyediakan apa yang diminta dengan menyambungkan ke server yang diminta dan meminta layanan dari server tersebut untuk client nya.

Proxy server dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan antara lain:
  • Untuk menyembunyikan server tertentu dari publik demi keamanan
  • Untuk mempercepat akses ke resources yang diperlukan
  • Untuk membuka situs-situs yang diblokir ditempat-tempat seperti sekolah, kantor, dan sebagainya.
  • Untuk melewati kontrol keamanan/parental
  • Untuk melindungi identitas saat sedang online
Proxy server yang melanjutkan permintaan dan jawaban tanpa modifikasi biasanya disebut dengan gateway atau tunneling proxy. Sebuah proxy server dapat ditaruh di komputer client, atau di beberapa lokasi diantara client dan server-server yang dituju.

Reverse proxy adalah sebuah proxy yang digunakan sebagai front-end, dengan maksud untuk mengontrol dan melindungi akses ke sebuah server atau private network. Biasanya reverse proxy melakukan hal-hal seperti load-balancing, authentication, decryption, atau caching.
MORE >>>

Mempercayai Password: Network Authentication

Aspek security jaringan berkaitan erat dengan servis yang disediakan: inbound atau outbound. Security pada servis outbound dapat diupayakan sebaik mungkin dengan konfigurasi firewall. Demikian pula dengan akses anonymous servis inbound, seperti anonymous FTP, HTTP, Gopher dll. Dalam hal ini, informasi sengaja disediakan bagi semua orang. Lain halnya bila kita ingin menyediakan akses non-anonymous (atau authenticated services), dimana selain melalui firewall, seseorang yang meminta akses juga harus mendapat ‘ijin’ server setelah terlebih dahulu membuktikan identitasnya. Inilah authentication. Untuk selanjutnya, penulis menggunakan istilah autentisasi sebagai sinonim kata tersebut.

RESIKO-SECURITY SERVIS INBOUND
Mengapa perlu autentisasi…..? Internet adalah jaringan publik, dan terbuka bagi setiap orang diseluruh penjuru dunia untuk menggabungkan diri. Begitu besarnya jaringan ini, telah menimbulkan keuntungan serta kerugian. Sering kita dengar dan baca tentang bobolnya sistem komputer keuangan bank, informasi rahasia Pentagon atau basis data transkrip akademik mahasiswa. Kalimat tersebut cukup untuk mewakili pernyataan bahwa kita harus ‘waspada’ terhadap orang-orang ‘jahat’ dan senantiasa berusaha memperkecil kemungkinan bagi mereka untuk dapat melakukan niat jahatnya. Memang mudah untuk meniadakan kemungkinan penyusupan (akses ilegal) dari luar dengan menutup semua kanal trafik servis inbound ke jaringan internal. Namun ini berarti telah mereduksi keuntungan utama adanya jaringan: komunikasi dan pemakaian sumber daya bersama (sharing resources). Jadi, konsekuensi alami dengan jaringan cukup besar, adalah menerima dan berusaha untuk memperkecil resiko ini, bukan meniadakannya.


Kita akan mulai dari seorang network-administrator (NA) yang telah melakukan tugasnya dengan baik, dalam menyiapkan ‘pertahanan’ bagi semua servis outbound dan anonymous-inbound. Perlu beberapa hal tambahan lagi yang sebaiknya diingat. Apakah pertahanan tersebut sudah cukup kuat bagi terjadinya pencurian hubungan (hijacking attack)? Apakah didalamnya sudah dipertimbangkan kemungkinan pemonitoran ilegal paket-paket informasi yang dikirimkan (packet sniffing – playback attack)? Atau apakah sudah termasuk kesiapan bagi benar-benar adanya akses ilegal didalam sistem (false authentication)?

Hijacking biasanya terjadi pada komputer yang menghubungi jaringan kita, walaupun untuk beberapa kasus langka, bisa terjadi pada sembarang jalur yang dilaluinya. Sehingga akan bijaksana bila seorang NA mempertimbangkan pemberian kepercayaan akses, hanya dari komputer yang paling tidak mempunyai sistem security sama atau mungkin lebih ‘kuat’, dibandingkan dengan jaringan dibawah tanggung-jawabnya. Usaha memperkecil peluang musibah ini, juga dapat dilakukan dengan mengatur packet-filter dengan baik atau menggunakan server modifikasi. Misalnya, kita dapat menyediakan fasilitas anonymous-FTP bagi sembarang komputer dimanapun, tapi authenticated-FTP hanya diberikan pada host-host yang tercantum pada daftar ‘kepercayaan’. Hijacking ditengah jalur dapat dihindari dengan penggunaan enkripsi antar jaringan (end to end encryption).

Kerahasiaan data dan password juga merupakan topik disain security. Program yang didedikasikan untuk packet-sniffing dapat secara otomatis menampilkan isi setiap paket data antara client dengan servernya. Proteksi password dari kejahatan demikian dapat dilakukan dengan implementasi password sekali pakai (non-reusable password), sehingga walaupun dapat termonitor oleh sniffer, password tersebut tidak dapat digunakan lagi.

Resiko hijacking dan sniffing data (bukan password) tidak dapat dihindari sama sekali. Artinya NA harus mempertimbangkan kemungkinan ini dan melakukan optimasi bagi semakin kecil-nya kesempatan tersebut. Pembatasan jumlah account dengan akses penuh serta waktu akses jarak jauh, merupakan salah satu bentuk optimasi.

MEKANISME AUTENTISASI
Subyek autentisasi adalah pembuktian. Yang dibuktikan meliputi tiga kategori, yaitu: sesuatu pada diri kita (something you are SYA), sesuatu yang kita ketahui (something you know SYK), dan sesuatu yang kita punyai (something you have SYH). SYA berkaitan erat dengan bidang biometrik, seperti pemeriksaan sidik-jari, pemeriksaan retina mata, analisis suara dll. SYK identik dengan password. Sedangkan bagi SYH umumnya digunakan kartu identitas seperti smartcard. \

Barangkali, yang sekarang masih banyak digunakan adalah sistem ber-password. Untuk menghindari pencurian password dan pemakaian sistem secara ilegal, akan bijaksana bila jaringan kita dilengkapi sistem password sekali pakai. Bagaimana caranya penerapan metoda ini?

Pertama, menggunakan sistem perangko-waktu ter-enkripsi. Dengan cara ini, password baru dikirimkan setelah terlebih dulu dimodifikasi berdasarkan waktu saat itu. Kedua, menggunakan sistem challenge-response (CR), dimana password yang kita berikan tergantung challenge dari server. Kasarnya kita menyiapkan suatu daftar jawaban (response) berbeda bagi ‘pertanyaan’ (challenge) yang berbeda oleh server. Karena tentu sulit sekali untuk menghafal sekian puluh atau sekian ratus password, akan lebih mudah jika yang dihafal adalah aturan untuk mengubah challenge yang diberikan menjadi response (jadi tidak random). Misalnya aturan kita adalah: “kapitalkan huruf kelima dan hapus huruf keempat”, maka password yang kita berikan adalah MxyPtlk1W2 untuk challenge sistem Mxyzptlk1W2.

Kalau pada sistem CR, harus diketahui ‘aturan’-nya, maka pada sistem perangko-waktu, kita mesti mengingat password bagi pemberian perangko-waktu ini. Apakah cara seperti ini tidak mempersulit? Beruntung sekali mekanisme tersebut umumnya ditangani oleh suatu perangkat, baik perangkat lunak ataupun dengan perangkat keras. Kerberos, perangkat lunak autentisasi yang dibuat di MIT dan mengadopsi sistem perangko-waktu, mewajibkan modifikasi client bagi sinkronisasi waktu dengan server serta pemberian password perangko-waktu. Modifikasi program client mengingatkan kita pada proxy dan memang, kurang lebih seperti itu. Sistem CR biasanya diterapkan sekaligus dengan dukungan perangkat keras. Contoh sistem CR operasional adalah perangkat SNK-004 card (Digital Pathways) yang dapat diterapkan bersama-sama dengan paket TIS-FWTK (Trusted Information System – internet FireWall ToolKit).

TIS-FWTK menawarkan solusi password sekali pakai (sistem CR) yang ‘menyenangkan’: S/Key. S/Key menerapkan prosedur algoritma hash iteratif terhadap suatu seed, sedemikian sistem dapat memvalidasi response-client instant tapi tidak mempunyai kemampuan untuk memprediksi response-client berikutnya. Sehingga bila terjadi penyusupan pada sistem, tidak ada ’sesuatu’ yang bisa dicuri (biasanya daftar password). Algoritma hash mempunyai dua sifat utama. Pertama, masukan tidak bisa diregenerasikan dari keluaran (non-reversibel). Kedua, terdapat dua kemungkinan masukan bagi sebuah keluaran yang sama.

ENKRIPSI DAN CRYPTOGRAPHY
Cryptography telah berkembang sejak lama, ketika orang menginginkan informasi yang ia kirimkan tidak dapat ‘dibaca’ oleh pihak tak berkepentingan. Secara tradisional cryptography dikenal dengan dua mekanisme, kunci privat atau kunci publik. DES (data encryption standard) yang digunakan oleh Kerberos menggunakan sistem kunci-privat. RSA (Rivest Shamir Addleman) mengimplementasikan sistem kunci-publik. Salah satu dari kontributor RSA, Ron Rivest kemudian membuat MD4 (message digest function # 4) yang digunakan oleh S/Key-nya TIS-FWTK. Optimasi dan blasteran antara kedua metoda tradisional ini melahirkan PGP (Pretty Good Privacy). Pembahasan dari DES, RSA, atau PGP merupakan buku tersendiri dan tidak pada tempatnya diungkapkan disini. Tapi yang jelas, sistem kunci-privat dicirikan dengan proses encrypt-decrypt melalui kunci identik, sedangkan pada sistem kunci-publik, proses ini dilakukan dengan dua buah kunci: kunci publik untuk encrypt dan kunci rahasia untuk decrypt dimana kedua kunci ini digenerasikan dan mempunyai relasi dekat melalui sebuah algoritma matematis. Karena diperlukan proses matematis terlebih dulu, kecepatan sistem kunci-publik bisa ribuan kali lebih lambat dari algoritma kunci-privat ekivalen walaupun disisi lain menawarkan proteksi lebih baik. Eksploitasi terhadap kelebihan dan kekurangan sistem kunci privat dan publik dilakukan PGP, dimana untuk transmisi data dilakukan secara sistem kunci-privat dengan session-key sehingga berjalan cepat, sedangkan transmisi session-key- nya sendiri menggunakan kunci-publik.

Dengan enkripsi, informasi yang kita kirimkan ke suatu jaringan melalui jaringan lain yang keamanannya meragukan (internet), relatif lebih terjamin. Enkripsi antar jaringan menyebabkan seorang ‘pencuri’ harus berusaha sedikit lebih keras untuk mendapatkan informasi ilegal yang ia harapkan. Ada beberapa kesempatan bagi implementasi enkripsi, yaitu: pada level aplikasi, level data-link, dan level jaringan.
Enkripsi pada level aplikasi mensyaratkan penggunaan perangkat lunak client-server khusus. Sesuai dengan model referensi OSI, enkripsi data-link hanya berlaku untuk hubungan titik ke titik, seperti sistem enkripsi pada modem telepon. Sedangkan enkripsi level jaringan (network layer) diterapkan pada router atau peralatan lain yang bersebelahan dengan jaringan dikedua sisi. Optimasi kepentingan dan kebijakan security dilakukan dengan mengatur jenis/bagian paket IP yang akan dienkrip, penyesuaian terhadap arsitektur firewall dan konsekuensinya, efektifitas distribusi kunci-enkripsi dll. Di masa depan, dimana teknologi VLAN (Virtual LAN) diperkirakan menjadi pilihan utama untuk Intranet (enterprisewide), penggunaan enkripsi level jaringan ini menjadi begitu penting. Barangkali sama pentingnya dengan keadaan sebuah perusahaan yang sementara ini ‘terpaksa’ menggunakan internet sebagai jalur bagi pengiriman informasi sensitif antara kantor pusat dengan cabangnya dibelahan bumi yang lain.

KERBEROS DAN TIS-FWTK AUTHENTICATION SERVER
Kerberos adalah salah satu karya proyek Athena, kolaborasi antara MIT, IBM dan DEC. Kerberos didisain untuk medukung autentisasi dan enkripsi data pada lingkungan terdistribusi melalui modifikasi client atau server standard. Beberapa vendor sistem operasi telah memasukan Kerberos kedalam produknya. MIT sendiri menyediakan secara free banyak versi Unix yang telah di-Kerberizing. Bahkan bagi kepentingan porting ke sistem operasi atau perangkat lunak client-server yang belum mendukung Kerberos, MIT menyediakan source-code nya, juga secara free. Proyek Athena sendiri mengimplementasikan Kerberos pada banyak aplikasi seperti NFS, rlogin, email, dan sistem password. Secure RPC (Sun Microsystems) juga mengimplementasikan hal yang sama.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam implementasi Kerberos. Modifikasi perangkat lunak client dan server akan menyebabkan pembatasan pilihan aplikasi. Sayangnya juga tidak ada metoda alternatif sebagai pengganti modifikasi source-code (seperti dalam proxy yang membolehkan custom user procedure atau custom client software). Kemudian, umumnya orang juga sepakat untuk menyebut: “Kerberos relatif sulit diterapkan/ dikelola”.

Paket sistem autentisasi lain ditawarkan oleh TIS-FWTK: authentication-server. Server ini didisain secara modular, fleksibel sehingga mendukung banyak mekanisme autentisasi populer seperti sistem password reusable standard, S/Key, card SecurdID dari Security Dynamics (sistem dengan perangko-waktu), card SNK-004 Digital Pathways (sistem CR) serta kemudahan untuk pengintegrasian mekanisme baru. Kembali kepada perbincangan diawal tulisan ini, kalau kepentingan utama kita adalah bagaimana menyiapkan ‘pertahanan’ bagi servis inbound non-anonymous, barangkali authentication-server adalah solusi yang patut dipertimbangkan. Mengapa? Bagaimana sistem ini bekerja? Tidak banyak ruang dalam tulisan ini untuk memuat semua diskusi kita tentang autentisasi, tapi ilustrasi penutup berikut akan memberikan sedikit gambaran bagi anda, peminat security jaringan, menyangkut authentication-server.

Penulis: Eueung Mulyana & Onno W. Purbo
MORE >>>

Dasar - Dasar Jaringan Komputer

Apa itu Jaringan Komputer?

Jaringan komputer dapat diartikan sebagai sebuah rangkaian dua atau lebih komputer. Komputer-komputer ini akan dihubungkan satu sama lain dengan sebuah sistem komunikasi. Dengan jaringan komputer ini dimungkinkan bagi setiap komputer yang terjaring di dalamnya dapat saling tukar-menukar data, program, dan sumber daya komputer lainnya seperti media penyimpanan, printer, dan lain-lain. Jaringan komputer yang menghubungkan komputer-komputer yang berada pada lokasi berbeda dapat juga dimanfaatkan untuk mengirim surat elektronik (e-mail), mengirim file data (upload) dan mengambil file data dari tempat lain (download), dan berbagai kegiatan akses informasi pada lokasi yang terpisah.
Tujuan utama dari sebuah jaringan komputer adalah sharing resource (baca: sumber daya), dimana sebuah komputer dapat memanfaatkan sumber daya yang dimiliki komputer lain yang berada dalam jaringan yang sama.
Perkembangan teknologi komunikasi data dan jaringan komputer dewasa ini sudah tidak terbatas lagi hanya pada komputer. Berbagai perangkat teknologi komunikasi yang hadir saat ini berkembang mengikuti perkembangan teknologi komputer, banyak diantaranya mengintegrasikan perangkat komputer seperti mikroprosesor, memori, display, storage, dan teknologi komunikasi ke dalamnya padahal dulunya teknologi ini dikembangkan untuk komputer yang dapat kita temui saat ini sudah ikut digunakan pada teknologi jaringan komputer.
Suatu jaringan komputer terdiri atas:
minimal dua buah komputer
kartu jaringan (network interface card / NIC) pada setiap komputer
medium koneksi, yang menghubungkan kartu jaringan satu komputer ke komputer lainnya, biasa disebut sebagai medium transmisi data, bisa berupa kabel maupun nirkabel atau tanpa-kabel (wireless seperti radio, microwave, satelit, dsb).
perangkat lunak sistem operasi jaringan (network operating system software / NOSS) yang berfungsi untuk melakukan pengelolaan sistem jaringan, misalnya: Microsoft Windows 2000 server, Microsoft Windows NT, Novell Netware, Linux, dan sebagainya.
peralatan interkoneksi seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway, apabila jaringan yang dibentuk semakin luas jangkauannya.

Sejarah Jaringan Komputer
Sejarah Jaringan Komputer Global/Dunia dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah, sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @ juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan meluas ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran International Network (Internet).
Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex. Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network.
Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, di mana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan IP yang kini kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET. Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan domain name system, yang kini kita kenal dengan DNS. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC (Internet Relay Chat). Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer pada saat itu membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing (menjelajah).
Tahun 1994, situs-situs dunia maya telah tumbuh menjadi 3.000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di situs. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! Didirikan, yang juga sekaligus tahun kelahiran Netscape Navigator 1.0.

Model Dalam Komunikasi
Kita mulai pelajaran jaringan ini dengan sebuah model komunikasi sederhana yang diilustrasikan pada gambar model komunikasi di bawah.  Tujuan utama sebuah sistem komunikasi adalah pertukaran data antara dua entitas. Gambar (b)  merupakan sebuah contoh jaringan komunikasi data dimana terjadi komunikasi antara workstation dan server melalui sebuah jaringan telepon publik. Contoh lainnya lagi adalah komunikasi antara dua telepon dengan menggunakan jaringan yang sama. Unsur-unsur model ini adalah sebagai berikut:
Source. Perangkat ini bertugas untuk membangkitkan atau menentukan data yang akan ditransmisikan; misalnya telepon atau komputer personal.
Transmitter. Biasanya, data dibangkitkan oleh sistem source dan tidak langsung ditransmisikan secara langsung dalam bentuk sebagaimana data itu dibuat. Sebuah transmitter akan mentransformasikan dan mengkodekan informasi tersebut dalam bentuk sinyal elektormagnetik yang dapat dirambatkan pada sistem transmisi. Misalnya, sebuah modem mengambil bit stream dari sebuah komputer dan mentrasformasikannya dalam bentuk sinyal analog yang dapat dirambatkan pada jaringan telepon.
Sistem Transmisi. Ini dapat berupa media transmisi atau jalur komunikasi atau sebuah jaringan kompleks yang menghubungkan source dan destination.
Receiver. Receiver menerima sinyal dari sistem transmisi dan mengkonversinya ke dalam bentuk yang dikenali oleh perangkat destination. Misalnya, sebuah modem akan menerima sinyal analog yang datang dari jaringan atau jalur transmisi dan mengkonversinya ke dalam bentuk digital stream.
Destination. Merupakan tujuan akhir dari pengiriman data yang menerima datadari receiver.

Bagaimana Data Dikomunikasikan?
Perbedaan mendasar  antara jaringan komputer dan komunikasi data adalah komunikasi data lebih cenderung pada kehandalan dan efisiensi transfer sejumlah bit-bit dari satu titik ke tujuannya sementara jaringan komputer menggunakan teknik komunikasi data namun lebih mementingkan arti dari tiap bit dalam proses pengiriman hingga diterima di tujuannya

Komunikasi data merupakan transmisi data elektronik melalui sebuah media. Media tersebut dapat berupa kabel tembaga, fiber optik, radio frequency dan micro wave (gelombang mikro) dan sebagainya (dibahas pada komponen jaringan). Sistem yang memungkinkan terjadinya transmisi data seringkali disebut jaringan komunikasi data.



Gambar di atas merupakan perspektif lain dari model komunikasi data (gambar a). Untuk memudahkan pemahaman, kita mengambil contoh pengiriman electronic mail (surat elektronik).

Misalkan perangkat input dan transmitter merupakan komponen sebuah personal computer (PC). Seorang user pada sebuah PC akan mengirim pesan m ke user lain. User ini akan mengaktifkan paket electronic mail pada PC dan mengetik pesan melalui keyboard (perangkat input). Karakter string yang dibuat akan disimpan di buffer pada memori utama.  PC ini dihubungkan pada sebuah media transmisi, seperti kabel atau telepon melalui perangkat I/O (transmitter), misalnya transceiver atau modem. Pesan tadi akan ditransfer ke transmitter sebagai sebuah barisan voltase [g(t)] yang merepresentasikan bit-bit pada kabel atau bus komunikasi. Transmitter dihubungkan langsung ke medium dan mengkonversi aliran yang datang [g(t)] menjadi sinyal [s(t)] yang memungkinkan untuk ditransmisikan/dirambatkan.

Sinyal yang ditransmisikan s(t) merambat melalui media komunikasi/sistem transmisi – menjadi objek gangguan dalam transmisi sehingga r(t) bisa saja berbeda dengan s(t) -  dan diterima oleh receiver sebagai r(t). Receiver berusaha menganalisis keaslian s(t), di dasarkan pada r(t) dan pengetahuannya atas media, yang menghasilkan rangkaian bit g’(t). Bit-bit ini di kirim ke komputer output, dimana bit-bit tersebut di tahan dalam memori sebagai (g’). dalam beberapa kasus, sistem tujuan (destination) akan berusaha memperingatkan jika terjadi error, dan untuk selajutnya bekerja sama dengan sistem sumber sampai akhirnya mendapatkan data yang bebas dari error (error-free data). Data ini kemudian diberikan kepada user melalui suatu perangkat output, seperti printer atau layar monitor . Pesan (m’) sebagaimana dilihat oleh user biasanya merupakan salinan dari pesan aslinya (m).

Macam-Macam Jaringan Komunikasi Data 
Jaringan komunikasi data dapat di klasifikasikan menjadi lima:
1. Local Area Network (LAN)

LAN merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (resouce, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.
2. Metropolitan Area Network (MAN)

MAN pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.
3. Wide Area Network (WAN)

WAN jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.
4. Internet

Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda . Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.
5. Peer-to-Peer

Peer artinya rekan sekerja. Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Dalam sistem jaringan ini yang diutamakan adalah penggunaan program, data dan printer secara bersama-sama. Pemakai komputer bernama Adi dapat memakai program yang dipasang di komputer Ida, dan mereka berdua dapat mencetak ke printer yang sama pada saat yang bersamaan.

Sistem jaringan ini juga dapat dipakai di rumah. Pemakai komputer yang memiliki komputer ‘kuno‘, misalnya AT, dan ingin membeli komputer baru, katakanlah Pentium IV atau DialCore, tidak perlu membuang komputer lamanya. Ia cukup memasang netword card di kedua komputernya kemudian dihubungkan dengan kabel yang khusus digunakan untuk sistem jaringan. Dibandingkan dengan ketiga cara diatas, sistem jaringan ini lebih sederhana sehingga lebih mudah dipejari dan dipakai.



Protokol dan Arsitektur Komunikasi
Saat kita membahas masalah komunikasi antar komputer dan jaringan komputer, ada dua konsep penting yang mutlak diketahui, yaitu: protokol dan arsitektur komunikasi.

Protocol merupakan serangkaian aturan yang mengatur unit fungsional agar komunikasi bisa terlaksana. Misalnya mengirim pesan , data, dan informasi. Protokol juga berfungsi untuk memungkinkan dua atau lebih komputer dapat berkomunikasi dengan bahasa yang sama.

Secara umum fungsi dari protocol adalah untuk menghubungkan sisi pengirim dan penerima dalam berkomunikasi serta dalam bertukar informasi agar dapat berjalan dengan baik dan benar dengan kehandalan yang tinggi.

Arsitektur jaringan merupakan sebuah himpunan layer (lapisan) dan protokol. Dimana layer bertujuan memberi layanan ke layer yang ada diatasnya.

MORE >>>