Strategi dan Pemahaman tentang PPC (Pay Per Click)


Dengan hadirnya internet, timbulah suatu sistem bisnis baru yang sebelumnya tidak ada di dunia offline, salah satunya adalah sistem pay per click.


Apa itu pay per click ?
Pay per click adalah sistem bisnis iklan dimana setiap pemasang iklan akan diberikan bayaran sesuai dengan klik yang terjadi.


Siapa yang membayar iklan per klik ?
Yang membayar tentunya pemasang iklan di setiap situs yang bersangkutan. Biasanya sistem pay per click sudah dikelola oleh suatu web/jasa service tertentu. Jadi PPC service ini menjembatani antara pemasang iklan dan penerima iklan. Salah satu contohnya adalah google adsense.


Berapa bayaran per klik ?
Bayaran per klik tergantung dari besarnya pemasang iklan dan kebijakan dari penyedia PPC service, tentunya PPC service ini menjaga agar biaya yang dikeluarkan oleh pemasang iklan dan penerima iklan seadil mungkin, agar PPC service mereka tetap dipercaya oleh para pengguna internet.


Bagaimana bila melanggar peraturan PPC ?
Untuk menjaga kepercayaan publik terhadap PPC service, mereka mempunyai peraturan masing-masing. Mereka tidak segan segan membanned/mengeluarkan kita dari jasa mereka, bila hal ini terjadi maka nama dan alamat kita selamanya akan tercemar dan tidak akan pernah mereka terima lagi, jadi masuk dalam black list PPC service.
Secara umum peraturan untuk pemasang iklan adalah menyediakan bentuk/kata-kata iklan yang sesuai dengan diiklankan, dan untuk penerima iklan adalah tidak boleh mengklik iklan sendiri. Tentunya ditambah peraturan lainnya, tiap-tiap PPC service mempunyai peraturan sendiri. Tapi intinya secara umum seperti disebutkan di atas.


PPC service saat ini telah hadir di tingkat nasional Indonesia maupun di tingkat dunia.
Sekarang PPC service ini kebanyakan dapat digabungkan dalam satu website, sehingga para pemilik website dapat lebih besar peluangnya dalam mendapatkan income dari internet. Namun perlu dilihat juga pemasangan/tata letak sistem PPC tersebut di web pemasang iklan, agar tampilannya enak dilihat pengunjung dan tidak merusak bentuk website.
Pay per click telah menjadi sistem yang paling digemari untuk diikuti oleh para pengguna internet ? Mengapa ?


Untuk pemilik website: PPC mempermudah mereka untuk menambah iklan, sebab pengunjung hanya perlu mengklik saja dan tidak perlu melakukan hal lain, maka pemilik website sudah tentu mendapatkan bayaran.


Untuk pemasang iklan/advertiser : iklan mereka dapat sekaligus tampil di ratusan bahkan jutaan website dan mereka hanya dikenakan bayaran bila ada yang mengklik iklan mereka. Jadi tidak akan ditarik bayaran bila iklannya hanya tampil di web para penyedia pemasang iklan, namun ditarik bayaran bila diklik



PPC menurut situs wikipedia adalah model iklan Internet yang digunakan di situs web, di mana pengiklan hanya membayar ketika iklan mereka diklik oleh pengungjung situs. Pada search engine seperti Google, biasanya pengiklan memasang iklan berdasarkan kata kunci (keyword) yang relevan dengan target pasarnya. Sedangkan jumlah uang yang dibayarkan oleh pengiklan kepada Search Engine atau pemilik situs web untuk satu kali klik pada iklannya disebut Cost Per Click (CPC).

Manfaat PPC bagi bisnis/perusahaan
Apa keuntungan PPC bagi bisnis? Dengan PPC, perusahaanlebih efektif dalam mengiklankan produknya, baik secara biaya maupun sararan yang dituju. Pengiklan dapat  mencapai orang yang tertarik pada suatu topik yang sesuai dengan produk yang diiklankan. Misalkan kita ingin menawarkan promosi suatu hotel, maka kita dapat memasang di google Adword dengan kata kunci travel, maka ikan kita akan muncul pada saat orang sedang mencari informasi mengenai travel.

Manfaat PPC bagi blogger/Pemilik situs
Sedangkan bagi blogger dengan adanya PPC, maka mereka dapat memasang iklan pada situs mereka dan memperoleh tambhan penghasilan.
Manfaat PPC bagi umum/users
Dengan layanan PPC, maka blooger/pemilik situs akan makin terpacu untuk menciptakan konten-konten berkualitas untuk menarik orang agar berkunjung ke situsnya, dengan demikian akan makin beragam pula konten yang dapat kita nikmati.
Model Bisnis
Beberapa situs besar menawarkan pemsangan iklan secara langsung pada situs mereka, di antaranya:
  • Google Adword
  • MSN adCenter
  • Yahoo! Search Marketing
  • Facebook
  • StumbleUpon
Sedangkan untuk pemasangan pada situs blog, forum maupun situs-situs web lainnya, umumnya dilakukan melalui perantaraan pihak ketiga yang di sebut PPC provider. Jadi pengiklan dan pemilkik situs tidak berhubungan secara langsung. Pemilik situs bisanya mendaftarkan diri pada PPC provider dan memasang script untuk menampilkan iklan pada situs mereka.
Beberapa PPC provider diantaranya:
Untuk PPC dari Indonesia di anataranya:
Menentukan CPC
Ada dua model utama untuk menentukan biaya per klik (CPC): flat-rate dan bid-based.

Flat Rate
Dengan sistem ini, pemasang iklan dan pemilik situs sepakat dengan sejumlah tetap yang akan dibayarkan untuk setiap klik. Dalam banyak kasus pemilik situs memiliki rate-card untuk berbagai bidang atau jaringan situs-situs mereka. Konten yang banyak dikunjungi akan memliki nilai lebih tinggi daripada konten yang tidak banyak peminatnya. Umumnya utuk pemasangan jangka panjang, pengiklan dapat bernegosiasi untuk mendapatkan diskon.


Bid-based
Dengan sitem ini pemasang iklan menandatangani kontrak yang memungkinkan mereka untuk bersaing dengan pengiklan lain dalam pelelangan tertutup yang diselenggarakan oleh penerbit, atau PPC provider. Setiap pengiklan memberitahu  nilai maksimum yang ia bersedia bayar untuk sebuah spot iklan (seringkali berdasarkan kata kunci).  Pelelangan diputar dalam mode otomatis setiap kali pengunjung memicu iklan spot. Secara lebih mudahnya, apabila nilai maksimum yang kita nyatakan lebih besar dari pengiklan lain, maka kemungkinan iklan kita untuk muncul juga akan lebih besar. Contoh dari Bid-based adalah Google Adwords dan Facebook Ads.


Bagaimana di Indonesia?
Sayang sekali di Indonesia belum banyak perusahaan-perusahaan besar yang berminat untuk memanfaatkan layanan PPC. Saat ini kebanyakan pengiklan PPC dari Indonesia adalah situs-situs yang menawarkan MLM online. Perusaahaan lebih menyukai pemasangan pada situs-situs besar di Indonesia, seperti detik.com, kompas.com, kaskus, dll, yang sampai saat ini belum menerapkan sistem PPC. Padahal dengan jumlah blogger di Indonesia yang mencapai jutaan orang, tentunya jumlah unique visitor dan pageview dari blog-blog tersebut bila di kumpulkan dapat melampaui situs-situs besar. Selain itu situs-situs blog bisanya memiliki konten yang sangat spesifik, sehingga iklan yang di pasang akan lebih fokus.

MORE >>>

Apa Keuntungan SEO ??

Kalau cuma untuk memahami apa itu SEO sangat mudah. Yang sulit itu adalah bagaimana caranya agar blog kita menjadi benar-benar SEO. Tapi sebelum ke sana kita intip juga sekilas seperti apa makhluk yang bernama SEO ini….


SEO ini adalah singkatan dari Search Engine Optimation.

Lalu apa gunanya kita belajar SEO?

Anda bisa bayangkan jika sebuah blog sudah berisi sekian ratus postingan. Tapi apapun kata kunci yang diketikkan pengunjung di kotak pencari, tidak pernah judul postingan tersebut tampil di halaman pencari. Padahal kata kunci yang diketikkan pengunjung sudah sama dengan judul postingannya. Atau jangankan itu, nama blognya sendiri di ketik di kotak pencari, blognya juga tidak muncul di halaman pencari… Apa yang terjadi?

Nah, itulah tandanya blog itu SEOnya masih nol besar. Alias belum terindeks sama sekali di search engine.

Apa ruginya? Ya jelas tidak akan ada pengunjung yang kesasar ke blog tersebut. Blog itu hanya akan menjadi kuburan, tidak ada yang datang kecuali pemiliknya sendiri.

Nah, itulah gunanya SEO.

Lalu apa yang harus dilakukan agar blog menjadi bernilai SEO?
Ya anda harus melakukan tindakan SEO atau teknik SEO.
Lho, apa pula itu teknik SEO?

Setelah anda tahu blog anda belum terindeks di seacrh engine, atau setiap postingan tidak pernah muncul di halaman pencari, atau mungkin muncul tapi tenggelam di bagian dasarnya, maka anda harus melakukan banyak hal, agar blog anda dengan seluruh contentnya bisa tampil kuat di halaman pencari. Nah usaha kearah inilah yang disebut dengan istilah tindakan atau teknik SEO.

Lalu apa saja teknik SEO yang bisa saya lakukan?

Hanya ada 2 macam.

Pertama, SEO ke dalam (SEO on page)

Cara ini sangat mudah tapi butuh ketekunan. Intinya kita hanya memberdayakan berbagai sisi dari blog kita agar robot search engine tergoda untuk berkunjung. Kalau si robot itu telah sering berkunjung, berarti ia akan membawa blog kita tampil di halaman pencarinya. Nah, beberapa cara yang berhubngan dengan ini adalah:

1. Pemberian Url dan Judul blog yang SEO
2. Judul Postingan yang SEO
3. Kontent sangat berhubngan dengan judul
4. Kontent unik dari blog lain
5. Template bernilai SEO
6. dan masih banyak lagi

Kedua, SEO ke luar (SEO off page)

Cara ini sebenarnya juga mudah, asal kita tahu dan mau melakukannya. Diantaranya adalah:

1. Daftarkan blog ke search engine
2. Daftarkan blog ke blog directory
3. Daftarkan artikel ke article directory
4. Promosikan alamat blog ke blog lain (pasang iklan)
5. Blogwalking
6. dan seterusnya ….

Lebih kurang itulah kerangka dasar dari SEO. Tidak lebih.

Cuma bagaimana menerapkan setiap bagian itu?
MORE >>>

Cara membuat file PHP pada blog

Artikel kali ini akan membahas mengenai PHP pada blogspot, tidak begitu sulit memasang PHP pada blog hanya dengan 3 langkah kita sudah dapat memasang PHP pada blog kita. Lain halnya dengan wordpress yang mendukung penuh bahasa PHP pada blognya namun bagaimana pun kita masih dapat menggunakannya pada blogspot, inilah yang membedakan blogspot dan wordpress namun bagaimanapun persentase serangan hacker lebih banyak menyerang wordpress dikarenakan banyaknya celah bahasa pemrograman PHP.

Langsung ikuti langkah dibawah ini :

  • Login ke dashboard --> Rancangan --> Elemen halaman
  • Pilih "Tambah Gadget"
  • Kemudian pilih "Javascript/Html" dan masukkan kode dibawah ini
<object width="400" height="300" type="text/html" data="AlamatURL.php"></object>
Catatan :  Ganti AlamatURL.php dengan alamat PHP kamu

  • Simpan dan lihat haasilnya
MORE >>>

Cara Membuat Menu Vertikal dengan Jquery pada Blog

Artikel ini akan membahas artikel sebelumnya tentang cara membuat menu di blog. agar blog kita tampil profesional tampil profesional hal pokok yang kita lakukan dengan membuat trik pada blog. Berikut akan jelaskan tentang bagaimana cara membuat menu vertikal pada blog dengan jquery.

  • Login ke dashboard blogmu
  • Pilih Rancangan
  • Pilih Edit HTML
  • Cari kode ]]></b:skin> dan letakkan kode dibawah ini sebelum kode tersebut
/* First Level UL List */
#accordion {
margin:0;
padding:0;
list-style:none;
}

#accordion li {
width:267px;
}

#accordion li a {
display: block;
width: 268px;
height: 43px;
text-indent:-999em;
outline:none;
}

/* Using CSS Sprite for menu item */
#accordion li a.popular {
background:url(http://www.queness.com/resources/html/accordion/menu.jpg) no-repeat 0 0;
}

#accordion li a.popular:hover, .popularOver {
background:url(http://www.queness.com/resources/html/accordion/menu.jpg) no-repeat -268px 0 !important;
}

#accordion li a.category {
background:url(http://www.queness.com/resources/html/accordion/menu.jpg) no-repeat 0 -43px;
}

#accordion li a.category:hover, .categoryOver {
background:url(http://www.queness.com/resources/html/accordion/menu.jpg) no-repeat -268px -43px !important;
}

#accordion li a.comment {
background:url(http://www.queness.com/resources/html/accordion/menu.jpg) no-repeat 0 -86px;
}

#accordion li a.comment:hover, .commentOver {
background:url(http://www.queness.com/resources/html/accordion/menu.jpg) no-repeat -268px -86px !important;
}


/* Second Level UL List*/
#accordion ul {
background:url(http://www.queness.com/resources/html/accordion/bg.gif) repeat-y 0 0;
width:268px;
margin:0;
padding:0;
display:none;
}

#accordion ul li {
height:30px;
}

/* styling of submenu item */
#accordion ul li a {
width:240px;
height:25px;
margin-left:15px;
padding-top:5px;
border-bottom: 1px dotted #777;
text-indent:0;
color:#ccc;
text-decoration:none;
}

/* remove border bottom of the last item */
#accordion ul li a.last {
border-bottom: none;
}
  • Selanjutnya tambahkan kode dibawah ini setelah kode </head> 
<script type='text/javascript'>

$(document).ready(function () {

$(&#39;#accordion li&#39;).click(function () {

/* FIRST SECTION */

//slideup or hide all the Submenu
$(&#39;#accordion li&#39;).children(&#39;ul&#39;).slideUp(&#39;fast&#39;);

//remove all the &quot;Over&quot; class, so that the arrow reset to default
$(&#39;#accordion li &gt; a&#39;).each(function () {
if ($(this).attr(&#39;rel&#39;)!=&#39;&#39;) {
$(this).removeClass($(this).attr(&#39;rel&#39;) + &#39;Over&#39;);
}
});

/* SECOND SECTION */

//show the selected submenu
$(this).children(&#39;ul&#39;).slideDown(&#39;fast&#39;);

//add &quot;Over&quot; class, so that the arrow pointing down
$(this).children(&#39;a&#39;).addClass($(this).children(&#39;li a&#39;).attr(&#39;rel&#39;) + &#39;Over&#39;);

return false;
});

});


</script>

  • Simpan, dan langkah terakhir adalah ;
  • Buka rancangan dan klik tambah gadget dan pilih Javascript/HTML dan masukkan kode dibawah ini

<ul id="accordion">
<li>
<a href="#" class="popular" rel="popular">Popular Post</a>
<ul>
<li><a href="#">Popular Post 1</a></li>
<li><a href="#">Popular Post 2</a></li>
<li><a href="#" class="last">Popular Post 3</a></li>
</ul>
</li>
<li>
<a href="#" class="category" rel="category">Category</a>
<ul>
<li><a href="#">Category 1</a></li>
<li><a href="#">Category 2</a></li>
<li><a href="#" class="last">Category 3</a></li>
</ul>
</li>
<li>
<a href="#" class="comment" rel="comment">Recent Comment</a>
<ul>
<li><a href="#">Comment 1</a></li>
<li><a href="#">Comment 2</a></li>
<li><a href="#" class="last">Comment 3</a></li>
</ul>
</li>
</ul>
  •   Simpan dan lihat hasilnya
MORE >>>

Teknologi terbaru cara pembuatan Alat pengontrol Stock barang

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Pembelian dan penjualan merupakan kegiatan yang mempengaruhi jumlah persediaan. Pembelian akan menambah jumlah persediaan, sedangkan penjualan akan menguranginya. Ketiga hal tersebut saling berkaitan dan merupakan inti kegiatan perusahaan. Informasi yang dihasilkan akan membantu manajer dalam memutuskan jumlah persediaan yang akan dibeli, maupun jumlah yang tersedia untuk dijual, serta mengontrol dan mengawasi jumlah aset persediaan perusahaan. 
PT Golden Betelnut adalah bentuk usaha perseroan terbatas yang bergerak di bidang ekspor bahan rempah-rempah seperti gambir, pinang, kopra, paring dan cengkeh. Saat ini, pencatatan atas transaksi pembelian dan penjualan perusahaan masih dilakukan secara manual dan bisa dikatakan kurang memadai melihat kenyataan transaksi yang terjadi relatif besar jumlahnya, sehingga agak menyita waktu bila ingin menghasilkan laporan persediaan dalam waktu singkat. Saatnya perusahaan menerapkan sistem informasi pembelian, penjualan dan persediaan secara komputerisasi untuk mengatasi hal tersebut.
Berdasarkan uraian-uraian di atas, penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul “Perancangan Sistem Informasi Pembelian, Penjualan dan Persediaan Pada PT Golden Betelnut, Medan”.
DOWNLOAD  selengkapnya. . .
MORE >>>